Silahkan cari di

Google
 

Senin, Mei 19, 2008

Lucky Luke



Satu lagi karya Goscinny , yang kali ini berpasangan dengan Morris menghasilkan karya yang (lagi-lagi) fenomenal,Lucky Luke.

Komik menceritakan kisah petualangan Lucky Luke, seorang koboi yang mampu menembak lebih cepat dari bayangannya sendiri (so cool!). Dengan seting cerita di American Old West, begitu banyak konflik yang diangkat di komik ini.

Dengan mengambil gaya parodi dalam penceritaannya, kita disuguhi beragam informasi sejarah pada saat itu. Sebagai contoh adalah saat Lucky Luke ikut menjadi tim Ekspedisi pembangunan telegrap untuk pertama kalinya, periode demam emas, perdamaian dengan suku Indian, bahkan konflik di wilayah Pecinan digambarkan dengan sangat unik dan menarik. Selain itu masih ada tokoh-tokoh sejarah yang ditampilkan, seperti Calamity Jane, Jesse James, Billy The Kid, hingga Abraham Lincoln.

Sesuai dengan nama depannya "Lucky", Luke selalu beruntung di saat-saat kritis di setiap petualangannya. Ditambah lagi, keberuntungan mendapatkan teman perjalanan yang sangat setia dan tangguh. Seekor kuda putih yang dinamai Jolly Jumper. Kuda dengan kemampuan istimewa, seperti bisa memasang pelana sendiri, tidur saat berlari hingga datang pada saat sang partner dalam keadaan terjepit. Demikianlah, tidak jarang, digambarkan Joly Jumper-lah yang mengurus keperluan si koboi.

Bagaikan partner setia, Luke mempunyai musuh utama yang selalu setia mengacau ketertiban. Mereka adalah empat bersaudara Dalton, atau yang lebih dikenal sebagai "Dalton Bersaudara".

Secara keseluruhan,Lucky Luke merupakan kisah petualangan yang luar biasa, dan tidak bosan untuk dibaca berulang-ulang kali. Hanya saja, sejak ditinggal sang Mpu-nya cerita Goscinny di tahun 1977, kisah Lucky Luke yang tetap diteruskan oleh Morris, aku rasakan jadi kurang greget. Tapi lebih dari itu, ini tetap karya yang asik dan menarik dengan sedikit menggelitik.

Sekali lagi, sekelumit sejarah yang disuguhkan dengan ceria dan menghibur.

Tidak ada komentar: